Daftar Blog Saya

Tips Cara Ampuh Mengatur Keuangan Sejak Dini

TabloidNusa - Di zaman teknologi seperti sekarang ini, para milenials semakin dimudahkan dalam melakukan berbagai aktivitasnya sehari-hari. 

Berbekal perlengkapan elektronik atau smartphone, generasi kelahiran antara tahun 1981-1994 ini dapat dengan mudah mendapat akses informasi hingga berbagai barang kebutuhan. Apalagi dengan perkembangan industri 4.0 yang makin pesat, dimana platform e-commerce kian menjamur, kita semakin mudah membelanjakan uang kita. Masalahnya, tak jarang generasi millenials menjadi terjebak dalam gaya hidup konsumtif.

Sebagian anak muda kesulitan menentukan apakah suatu pengeluaran itu merupakan hal yang penting atau sekedar keinginan yang bisa ditunda. Supaya kondisi finansial anda selalu sehat, yuk simak tips mengelola keuangan berikut supaya bisa anda praktekan sedari dini.

1. Tentukan Tujuan Keuangan


Kita harus tau alasan dibalik setiap hal yang akan kita lakukan. Apa sih tujuan ane mengatur pengeluaran tiap bulan? Dengan begini, saat banyak godaan hedon datang menyerang, at least kita tidak kebablasan menghamburkan uang karena sejak awal kita sudah tahu betul tujuan keuangan yang ingin kita raih. Sebagai panduan untuk membantu anda menentukan tujuan keuangan, coba renungkan hal dibawah ini:

☑ Apa tujuan keuangan jangka pendek dan panjang anda ?
☑ Berapa banyak dana yang dibutuhkan untuk tujuan tersebut?
☑ Tentukan deadline dan patokan keberhasilan sehingga bisa memantau progressnya


2. Buat dan Patuhi BudgetKeuangan


Membuat budget atau alokasi dana untuk setiap pos pengeluaran sehari-hari adalah salah satu  kunci perencanaan keuangan yang baik. Coba ingat kembali, apa saja pengeluaran rutin anda setiap bulan dan berapa besar porsinya terhadap total pendapatan. Apakah lebih besar pasak daripada tiang? Bila anda masih bingung bagaimana membuat budget pengeluaran yang tepat, coba gunakan prinsip 10, 20, 30, 40 ini untuk mengalokasikan pengeluaran anda.

☑ 10% untuk Kebaikan
Pengeluaran pertama, idealnya untuk Tuhan. Persepuluhan bagi umat Kristiani, Zakat bagi Muslim, dan ane yakin semua agama pun mengajarkan umatnya berbagi pada sesama.
☑ 20% untuk Investasi, Dana Darurat
Prioritaskan pendapatan anda untuk tabungan darurat dan berinvestasi. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan, kalaupun terjadi hal buruk setidaknya kita sudah aman secara finansial.
☑ 30% untuk Tabungan, Cicilan Produktif
Pola pikirnya diubah, ya. Bukan menabung dari sisa pendapatan. Tapi, alokasikan pendapatan untuk menabung. Harga rumah semakin melambung, belum lagi gaji yang tidak sebanding dengan kebutuhan hidup.
☑ 40% untuk Kebutuhan Hidup
Sisanya baru bebas gunakan untuk biaya hidup sehari-hari, gaya hidup, atau bisa dipakai buat traktir keluarga, maupun gebetan.


3. Milikilah Pekerjaan Sampingan


Teman cerdas ane para warga kaskus pasti setuju dengan pribahasa ini. Ya, tidak ada yang tahu masalah keuangan apa yang mungkin kita hadapi di masa depan. Mulai pikirkan backup plan alias plan B untuk mengantisipasi hal-hal tak terduga yang bisa mempengaruhi kondisi keuangan anda di masa depan, seperti kehilangan pekerjaan utama karena PHK atau gaji yang tak kunjung naik saat kebutuhan hidup makin banyak. Selain sudah memiliki dana darurat, melakukan pekerjaan freelance ataupun memiliki bisnis sampingan, misalnya berjualan online bisa menjadi penolong dikala permasalahan keuangan datang.


4. Menghindari dan Melunasi Hutang Konsumtif


Biasakan diri menghindari berhutang untuk hal-hal bersifat konsumtif yang sebenarnya belum kita butuhkan. Fokus pada tujuan finansial anda di awal. Kalau anda sudah terlanjur punya hutang, coba lakukan beberapa hal berikut:


☑ Catat dan identifikasi semua tunggakan anda 
☑ Buat rincian hutang, seperti jumlah hutang, cicilan per bulan, dan jatuh tempo
☑ Buat timeline untuk melunasi seluruh hutang itu hingga agan mencepai kondisi zero debt (Semua hutang sudah lunas)


5. Edukasi Finansial pada Diri Sendiri


Poin ini merupakan lanjutan dari tips sebelumnya. Apa jenis investasi yang paling cocok dengan keuangan anda? Apa saja kelebihan dan kekurangan tiap jenis investasi dan bagaimana cara memulainya? Nah, itulah pentingnya anda perlahan mulai mencari tahu mengenai beragam instrument keuangan dan investasi supaya bisa menjawab sederet pertanyaan tadi.

Minimal mengerti jenis-jenis instrument investasi yang tadi ane sebutkan. Sebagai permulaan,bisa mulai secara rutin membaca artikel seputar dunia investasi dan keuangan atau berita ekonomi terkini yang bertebaran di portal berita online.

Sumber

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.