Daftar Blog Saya

Bunga Unik Yang Berbau Ada Beberapa Di Indonesia

TabloidNusa - Bunga Unik Yang Berbau Ada Beberapa Di Indonesia Bunga identik dengan aromanya yang segar dan Warnanya yang indah. Banyak orang yang menanam berbagai bunga-bungaan supaya bisa menikmati keindahannya sekaligus mencium aromanya setiap hari. tidak semua bunga mempunyai bau yang harum.

Berikut adalah beberapa bunga yang beraroma busuk dan beberapa ditemukan di indonesia.

1. Aristolochia Gigantea


Aristolochia Gigantea punya nama lain, yaitu Brazilian Dutchman's Pipe dan Giant Pelican. Bunga yang satu ini biasanya lebih mudah tumbuh di dalam rumah.Tanaman satu ini jarang ditemukan di Pulau Indonesia.Aristolochia Gigantea paling banyak ditemukan di negara Brazil.

Dengan aroma yang busuk tanaman satu ini memikat serangga seperti lebah. tak hanya aromanya, bentuknya yang unik serta memiliki aroma yang busuk, membuat serangga tertarik untuk hinggap.


2. Rafflesia Arnoldi

Bunga beraroma busuk ini dinamakan sesuai dengan nama penemunya yaitu Joseph Arnold dan Stamford Raffles.

Salah satu bunga terbesar di dunia yang ada di Indonesia adalah Rafflesia Arnoldi. Dinamakan sesuai dengan penemunya yaitu Joseph Arnold dan Stamford Raffles. Tapi, orang yang pertama kali menemukannya adalah Louis Auguste Deschamps. Deschamps menemukan Rafflesia jenis R, sedangkan Arnold dan Raffles menemukan jenis berbeda yang kemudian dinamai Rafflesia Arnoldii.

Ditemukan di Pulau Sumatera dan Kaliamantan, Rafflesia Arnoldii atau biasa disebut dengan Bunga Bangkai, punya aroma khas seperti bangkai. Bunga ini sangat besar, 91 cm dan beratnya bisa mencapai 10 kg. Bunga bangkai bersifat parasit, gak punya akar, daun, dan juga batang. Baunya yang mirip bangkai, membuat bunga ini selalu dihinggapi oleh lalat.


3. Hydnora Africana

Hydrona Africana mempunya isifat parasit dan berasal dari Afrika Selatan. Bagian tubuh dari bunga ini berada di bawah tanah, sedangkan bunganya muncul di permukaan.


Hydrona Africana punya aroma yang mirip dengan kotoran, membuat bunga ini dijauhi oleh manusia. Cuma serangga yang tertarik dengan aroma bunga Hydrona Africana. Gak memiliki klorofil seperti tanaman kebanyakan, aroma busuk Hydrona Africana dihasilkan dari osmophores, sejenis spons yang terletak di bawah kelopak bunga. Hydrona Africana menghasilkan buah yang tumbuh di bawah tanah. Dibutuhkan waktu 2 tahun untuk buah tersebut bisa matang.


4. Dead Horse Arum Lily

Aroma bunga Dead Horse Arum Lily mirip daging busuk, menarik minat para serangga yang berperan dalam penyerbukan.


Dead Horse Arum Lily dianggap sebagai salah satu bunga dengan aroma paling gak sedap di dunia. Walaupun begitu, tanaman satu ini tetap unik.

Dead Horse Arum Lily merupakan bunga yang banyak di temukan di Corsica dan Kepulauan Balearic. Termasuk spesies langka dari genus Helicodiceros. Bagi manusia, aroma bunga ini sangat busuk. Tapi, bagi serangga bunga ini sangat menarik. Aromanya yang mirip daging busuk menarik minat para serangga yang berperan dalam penyerbukan.


5. Titan Arum

Bunga Titan Arum memiliki nama ilmiah Amorphophallus Titanum dan banyak ditemukan di hutan hujan Sumatra, Indonesia.


Bunga Mayat atau Corpse flower adalah sebuah julukan yang diberikan orang-orang pada sebuah bunga yang menjulang tinggi, bernama Titan Arum. Dengan nama ilmiah Amorphophallus Titanum, bunga ini banyak ditemukan di hutan hujan Sumatra, Indonesia.

Titan Arum termasuk salah satu bunga gak berbatang. Ciri khas dari Titan Arum adalah warna bunganya yang sangat merah. Saat bunganya gak mekar, baunya gak terlalu menyengat. Tapi saat udah mekar, Titan Arum bisa mengeluarkan aroma busuk mirip bangkai hewan. Frekuensi bunganya mekar sangat bervariasi antara 1 sampai 10 tahun.


6. Bulbophyllum Phalaenopsis

Bunga Bulbophyllum Phalenopsis yang merupakan salah satu varian dari bunga anggrek banyak ditemukan di wilayah Papua Nugini.


Di posisi teratas bunga dengan bau gak sedap adalah Bulbophyllum Phalenopsis. Bunga ini banyak ditemukan di wilayah Papua Nugini. Bulbophyllum Phalenopsis adalah salah satu varian dari bunga anggrek. Bulbophyllum Phalenopsis mengeluarkan bau khas seperti daging busuk yang menarik para serangga.

Bulbophyllum Phalenopsis punya 4 varian warna yakni putih, krem, merah, dan ungu. Bunga ini termasuk bunga berukuran cukup besar dibandingkan jenis anggrek lainnya. Daunnya aja bisa punya lebar sampai 1,2 meter. Bunga ini termasuk bunga yang dibudidayakan.


Sumber

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.