Daftar Blog Saya

5 Ras Anjing Yang Dapat Menjaga Manusia Dari Serangan

5 Ras Anjing Yang Dapat Menjaga Manusia Dari Serangan

TabloidNusa - Anjing perlindungan pribadi adalah anjing yang menjaga seseorang setiap saat baik di rumah atau saat berada di jalan. Mereka bukan hanya anjing penjaga, tetapi mereka harus cukup pintar untuk mengetahui kapan mereka perlu melindungi pemiliknya. Mereka juga perlu tahu kapan harus berhenti.

Jika Gansis tertarik pada jenis untuk perlindungan pribadi maka pertimbangkan untuk membeli yang sudah terlatih secara profesional. Jika Gansis mulai dengan anak anjing atau anjing muda yang tidak memiliki dasar pelatihan, Gansis mungkin akan kecewa.

Meskipun lima ras terbaik dalam daftar ini biasanya cocok untuk perlindungan pribadi, jangan berasumsi bahwa setiap anjing yang lahir di antara ras ini akan mampu melakukan pekerjaan itu. Anjing adalah layaknya individu. Beberapa dari mereka akan menjadi anjing hebat, yang lain tidak akan cocok. Itu tidak berarti mereka bukan anjing yang baik, karena itu berarti mereka semua berbeda.

1.Doberman Pinscher

Ada beberapa kontroversi tentang breed mana yang “terbaik”, tetapi Dobies adalah satu dari sedikit breed yang pada awalnya dipilih untuk menjadi anjing perlindungan pribadi. Mereka telah ada sejak sekitar tahun 1890. Pada saat itu, pemungut pajak yang membutuhkan anjing perlindungan pribadi membiakkan mereka untuk mengintimidasi, untuk tidak menunjukkan rasa takut ketika tiba saatnya membela pemiliknya, dan hanya menyerang ketika disuruh melakukannya.

Anjing-anjing ini cerdas dan bukan jenis anjing raksasa. Sebagian tampak kelihatan besar karena berotot. Mereka biasanya memiliki bobot sekitar 40 kg dengan memiliki varian warna hitam dan cokelat.



Masalah kesehatan menjadi perhatian bagi sebagian besar anjing perlindungan, dan Dobies tidak bisa terbebas dari hal ini. Gangguan pendarahan yang disebut penyakit von Willebrands adalah penyakit yang umum dijumpai. Sekitar setengah dari anjing juga mewarisi penyakit jantung yang serius (Dilatasi Kardiomiopati) dan lebih sedikit yang memiliki penyakit leher yang disebut "wobblers," atau ketidakstabilan tulang belakang leher (CVI). Beberapa memiliki displasia pinggul dan penyakit prostat, sementara penyakit lainnya jauh lebih jarang.

2.Cane Corso


Ras ini masih tidak sepopuler ras lain dalam daftar ini, tetapi memiliki potensi untuk menjadi anjing perlindungan pribadi yang sangat baik. Ini adalah jenis anjing besar Italia yang memiliki bobot sekitar 45 hingga 50 kilogram dengan tubuh berotot, moncong pendek, dan gigitan yang kuat.

Mereka telah digunakan sejak dulu untuk berburu bahkan sejak zaman Romawi mereka juga telah digunakan sebagai anjing penjaga dan anjing perlindungan pribadi.

Seperti Doberman, Cane Corso sering menjadi terikat pada satu orang majikannya dan dengan demikian dapat dengan mudah menjadi anjing perlindungan. Berbeda dengan Doberman, mereka besar dan tidak mudah untuk dilatih. 

Mereka memang memiliki beberapa masalah kesehatan, seperti layaknya semua anjing besar. Penyakit Displasia pinggul adalah yang paling umum, indikasinya terlihat dari mereka akan menjadi gemuk jika Gansis membiarkannya, dan mereka juga dapat menderita kembung, masalah kelopak mata, dan kudis demodectic.




Rata-rata usia yang dimiliki Cane Corso adalah 10 hingga 11 tahun. Jika pemilik potensial memiliki pengalaman menangani anjing, mau bersosialisasi dan melatih Cane Corsonya dengan baik, dan membutuhkan hewan perlindungan pribadi yang hebat, maka anjing jenis ini bisa melakukan pekerjaan semacam itu.

3.Rottweiler


Rottweiler sebenarnya dikembangkan oleh Romawi untuk digembalakan, tetapi mereka kemudian dikembangkan untuk menarik gerobak, membawa ternak ke pasar, dan kemudian untuk melayani militer, selain itu juga untuk melayani misi pencarian dan penyelamatan, bekerja dengan polisi, dan bertindak sebagai anjing pemandu.

Peran yang paling penting dari anjing ini adalah sebagai anjing penjaga, dan sebagai anjing perlindungan pribadi. Mereka memiliki bobot yang besar hingga mencapai sekitar 60 kilogram, cerdas, dan mudah dilatih, sehingga mereka biasanya sering mendominasi di kompetisi schutzhund (anjing perlindungan pribadi).

Rotties biasanya sehat, tetapi mereka juga dapat menderita displasia pinggul, seperti hampir yang terjadi pada semua ras besar. Mereka juga rentan mengalami masalah kelopak mata dan menjadi gemuk jika diberi makan terlalu banyak dan tidak berolahraga.



Mereka biasanya hanya hidup antara 9 atau 10 tahun. Penampilan mereka yang garang, sikap protektif, dan sikap acuh tak acuh dengan orang asing menjadikan ras ini salah satu anjing perlindungan pribadi terbaik yang tersedia. Mereka memang tidak bergerak atau secepat Doberman, jadi ane lebih suka salah satu dari anjing jenis ini sebagai penjaga dan jenis Doberman atau Cane Corso sebagai teman pribadi sebagai gantinya.


4.Giant Schnauzer


Ras anjing Jerman ini sering menjadi pesaing dalam kompetisi Schutzhund karena beberapa alasan. Salah satunya karena ia besar akan tetapi tidak seberat Rottweiler jadi akan sedikit lebih mudah ditangani untuk orang yang memiliki ukuran lebih kecil.

Mereka juga cerdas, seperti semua ras pelindung, dan dapat mencernal perintah baru dengan mudah. Banyak dari ras ini juga terlihat lebih waspada terhadap orang asing, dan karena berwarna hitam pekat banyak orang menganggap anjing ini lebih ganas.

Giant Schnauzer memiliki beberapa masalah kesehatan yang sama dengan yang umum terjadi pada keturunan anjing besar seperti displasia pinggul dan displasia siku. Mereka juga rentan terhadap beberapa masalah kulit dan karena mereka senang sekali ngiler maka janggutnya selalu menjadi kotor maka jangan lupa untuk harus dijaga kebersihannya.



Anjing-anjing ini hidup sekitar 12 tahun. Selama kehidupan itu, mereka adalah anjing perlindungan pribadi yang sangat baik karena mereka kuat, namun dapat dikendalikan

5.German Shepherd Dog


Salah satu anjing penjaga dan pelindung pribadi paling populer adalah German Shepherd Dog (GSD). Mereka adalah salah satu ras yang paling umum digunakan untuk keperluan perlindungan pribadi, anjing inipun cerdas, mudah dilatih, dan cukup besar dan kuat untuk melakukan pekerjaan semacam itu.

Jika GSD disosialisasikan dan dilatih, agresi yang berlebihan tidak menjadi masalah. Ketika pertama kali dikembangbiakkan mereka juga sehat dan jarang memiliki penyakit.

Selain masalah temperamen, beberapa anjing jenis ini memiliki masalah pada telinga floppy dan sekitar seperlima dari mereka juga rentan terhadap penyakit displasia pinggul dan juga radang sendi .





GSD hidup sekitar 10 atau 11 tahun. Jika Gansis membeli dari garis pekerja maka ia akan sehat dan bugar untuk menjadi anjing penuntun, mencari dan menyelamatkan hewan, anjing penjaga, atau sebagai anjing perlindungan pribadi yang Gansis cari. Sayangnya, tidak semua anjing jenis ini yang dijual akan memenuhi kebutuhan Gansis.

Beli anjing terbaik yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan Gansis karena tidak semua anjing dari jenis di atas akan tumbuh menjadi anjing yang mampu melindungi. Semua memiliki potensi, tetapi tidak semua akan memiliki kepribadian yang benar.

Sumber


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.